LOKA KARYA Forum Pemangku Kepentingan, Mendesign Mekanisme Pembangunan Berkelanjutan di Fakfak

Wakil Bupati Fakfak, Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si Membuka Acara Loka Karya Forum Pemangku Kepentingan yang di Prakarsai oleh Tangguh LNG. Dihadiri peserta perwakilan Sektor & Institusi Kabupaten Fakfak.

Infobappedalitbang Fakfak_ Loka Karya Pembentukan Forum Pemangku Kepentingan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di buka oleh Wakil Bupati Fakfak, Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si pada (20/5/19) di Hotel Grand Fakfak.

Acara  diikuti oleh 50 peserta berasal dari perwakilan sektor dan institusi bertujuan untuk membangun sinergis antar pemangku kepentingan (stakeholders) mendukung pembangunan daerah yang sejalan dengan program pengembangan berkelanjutan dari TSDP- Tangguh LNG.

Diawali dengan sambutan dari Wakil Bupati Fakfak sekaligus mempresentasi visi misi dan program strategis Kabupaten Fakfak sesuai dengan rencana pembangunan menengah (RPJMD) 2016-2021.

Kesempatan paparan di acara ini, Wakil Bupati Fakfak memprsentasikan berbagai issue strategis daerah yang masih menjadi pekerjaan rumah (PR) Pemerintah Daerah.

Issue pokok sosial budaya terkait dengan pelayanan pendidikan dan kesehatan serta kesadaran akan lingkungan masih minim. Issue ekonomi, masalah pertumbuhan ekonomi, pendapatan dan daya beli masyarakat, investasi dan penanaman modal lemah, pemberdayaan ekonomi masyarakat belum berkembang. Issue Infrastruktur kaitan dengan sarana prasarana perhubungan, air bersih, ketenalistrikan dan komunikasi informasi. Demikian pula issue pemerintahan, belum kualitas dan kuantitas sumberdaya aparatur pemerintahan, dan sarana dan prasarana pemerintahan yang masih terbatas. “ini menjadi tugas pemerintahan yang secara bertahap dan berkelanjutan untuk dituntaskan”.

Demikian pula dipaparkan mengenai program startegis daerah yang saat ini sedang berjalan untuk membenahi kampung yang di kenal dengan Gerbang Kaca serta kegiatan lainnya yang terencana dengan baik. “Kalau dilihat ada 11 program yang terfokus untuk dilaksanakan dalam 5 tahun ini, termasuk komitmen menjaga kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan”

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, menurut Kemitraan Jijin, SH, yang sejak awal menyiapkan pelaksanaanya. Disampaikan bahwa acara ini diinisiasi oleh Tangguh LNG sebagai bagian dari komitmen sosial.

Tujuannya sangat jelas, seiringnya dengan perkembangan Tangguh LNG, dalam berbagai kegiatan ekplorasi minyak dan gas serta kegiatan usaha lainnya mulai masuk di Fakfak. “Tangguh LNG memandang perlunya pembentukan forum kerjasama antar pemangku kepentingan yang di dalamnya terdiri dari unsur   pemerintah, masyarakat sipil dan pihak swasta yang beroperasi/berada di wilayah Kabupaten Fakfak untuk mendukung pertumbuhan pembangunan di daerah ini”.

Forum kerjasama antar para pemangku kepentingan tersebut diharapkan dapat  menjadi wadah untuk mensinergikan perencanaan program pengembangan masyarakat, melakukan pembagian peran dan tanggung jawab, mendorong munculnya kebijakan dalam pengembangan masyarakat dan pembangunan di wilayah Kabupaten Fakfak.

Dikatakan pula, signifikansi dari kegiatan ini cukup tinggi. Karena melalui forum ini, potensi kolaborasi dan integrasi antar para pemangku kepentingan (Yakni pemerintah daerah, masyarakat sipil dan pihak swasta) dapat teridentifikasi. Kegiatan ini juga dapat menginventarisasi pola koordinasi dan integrasi yang paling memungkinkan untuk memastikan sinergi peran dalam pelaksanaan program pembangunan.

Dari hasilnya nanti, diharapkan kegiatan Loka Karya ini memperoleh manfaat dan akan diketahui adanya inventarisasi potensi koloborasi dan integrasi antar para pemangku kepentingan, Adanya mekanisme yang disepakati bersama sebagai forum pemangku kepentingan, Adanya satu dokumen komitmen bersama untuk mengelola forum semua pemangku kepentingan sebagai instrumen untuk mendukung proses pembangunan daerah. Dan lebih terpenting lagi dari hasil loka karya ini, ialah adanya frame work untuk mendesain mekanisme sustainibilitas dari forum pemangku kepentingan di Kabupaten Fakfak. (syn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *